post-title

Si Kecil Sering Mimisan!

Di dalam hidung👃, terdapat banyak pembuluh darah yang rentan pecah. Karena itu, anak yang masih berusia balita sampai sekolah dasar lebih mudah untuk mimisan.


Apa saja penyebab anak mimisan?

🛏️Anak terlalu lelah

Anak-anak juga bisa merasa kelelahan dan stres. Hal ini dapat menyebabkan anak mengalami mimisan✨. Saat anak sedang stres atau lelah, maka pembuluh darah di dalam hidung juga melemah dan menjadi mudah untuk menegang yang menyebabkan terjadinya mimisan.

🤏Kebiasaan mengorek hidung

Kebiasaan mengorek hidung terlalu dalam dan sering dapat membuat mimisan. Alasannya, karena saat mengorek hidung, pembuluh darah di dalam hidung dapat dengan tidak sengaja robek😞.

☀️Suhu terlalu panas atau kering

Suhu udara yang terlalu panas atau terlalu kering dapat membuat rongga hidung mengalami iritasi⚡. Hal ini akan membuat anak menekan hidung dengan keras karena merasa tidak nyaman.


Tips cegah mimisan pada anak

✋Memotong kuku anak

Pastikan agar kuku anak tidak terlalu panjang dan kotor. Hal ini untuk mencegah😉 kuku panjang anak tidak sengaja merobek pembuluh darah di dalam hidung saat ia tengah mengorek hidungnya.

👧🏻Ajari anak untuk tidak memasukkan benda asing

Ajari anak untuk tidak memasukkan benda asing ke dalam hidung. Selain itu ajarkan pula untuk tidak menghembuskan🌬️ napas terlalu kencang saat membuang ingusnya.


Cara mengatasi mimisan pada anak

💡Hindari mendongakkan kepala!

Dudukkan anak sambil posisi kepala anak agak menunduk. Hindari posisi mendongakkan kepala atau bersandar untuk mencegah darah mengalir😖 ke tenggorokan.

🍃Tekan bagian hidung dengan perlahan

Tutup hidung anak dengan tisu sambil pencet bagian hidung anak yang lunak dengan perlahan selama kurang lebih 10 menit⏲️. Kemudian lepaskan pencetan dan lihat apakah mimisan telah berhenti. Apabila belum berhenti, Anda dapat mengulangi kembali langkah ini.