post-title

Tips Merawat Kesehatan Telinga Anak

Sebagian besar orang tidak mengerti bagaimana cara merawat kesehatan telinga👂 anak dengan benar. Supaya tidak bingung lagi, berikut penjelasan selengkapnya!


Hindari melakukan hal-hal berikut ini!

💨Mendengarkan suara yang terlalu keras

Batasi anak agar tidak mendengarkan suara yang terlalu keras karena bisa mengganggu pendengarannya. Apabila sedang berada di dalam pesawat✈️ yang bising, Anda dapat memberikan anak sumbat telinga.

📺Mendengarkan TV dengan volume keras

Terkadang anak keasyikan menonton televisi atau mendengarkan lagu di handphone📱 dengan volume yang terlalu keras. Berikan anak pengertian untuk tidak mendengarkan musik atau video dengan volume yang terlalu keras karena akan mengganggu pendengarannya di kemudian hari.

💡Mengorek telinga anak dengan terlalu sering

Kotoran yang terdapat di dalam telinga terbentuk sebagai perlindungan liang telinga dari debu dan kotoran. Kotoran ini terkadang akan menyebabkan anak merasa telinganya gatal yang membuatnya sering mengorek🤏 telinganya dengan cotton bud atau tangan. Kebiasaan ini dapat membuat kotoran telinga masuk menjadi lebih dalam dan melukai telinga.


Lakukan hal berikut ini!

👩‍⚕️Rutin memeriksakan kondisi telinga anak di dokter THT

Penting untuk rutin memeriksakan kondisi telinga anak di dokter THT. Hal ini berguna untuk memastikan kondisi telinga anak tetap terjaga😉 dengan baik.

🚿Mengeringkan telinga sesudah mandi

Jangan lupa untuk mengeringkan telinga sesudah mandi. Telinga yang lembab dapat membuat jamur dan bakteri🦠 lebih mudah untuk berkembang biak yang dapat menyebabkan infeksi dan iritasi pada telinga.

✔️Cukup membersihkan daun telinga anak saja

Anda cukup membersihkan daun☘️ telinga anak saja. Hal ini karena telinga mempunyai kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Anda dapat membawa anak ke dokter THT untuk membersihkan bagian dalam telinga jika anak merasa telinganya tidak nyaman.