post-title

Croup, infeksi saluran pernapasan anak

Terdapat penyakit pada saluran pernapasan🌬️ anak yang bernama Croup. Penyakit saluran pernapasan apakah ini? Bagaimana gejala dan pengobatannya?


Apa itu penyakit Croup?

 

🙋Croup, penyakit apakah itu?

Croup adalah infeksi pernapasan yang terjadi ketika laring, trakea, bronkus ke paru-paru mengalami iritasi dan pembengkakan. Kondisi ini membuat saluran napas menjadi terhalang yang membuat batuk yang parah💨 dengan mengi.

✍🏻Gejala anak mengalami penyakit Croup

Gejala dapat terjadi selama beberapa hari sampai berminggu-minggu. Di antaranya, anak mengalami demam, suara serak, batuk keras seperti menggonggong, pilek🧻, suara napas kasar, sakit tenggorokan, napas yang tersengal-sengal, hingga sesak napas.


Apa saja jenis penyakit Croup?

✨Viral Croup

Viral croup merupakan croup yang diakibatkan oleh virus parainfluenza, contohnya RSV, adenovirus, virus campak. Virus ini dapat ditularkan melalui udara yang dihirup jika terdapat percikan ludah dari bersin🌬️ atau batuk pengidap viral croup.

☁️Spasmodic Croup

Spasmodic croup adalah jenis croup yang diakibatkan oleh alergi atau asam lambung yang naik ke tenggorokan dan saluran pernapasan. Penyakit ini terjadi pada malam🌙 dini hari dan mendadak.


Penyakit Croup dialami anak usia berapa?

⚡Puncak rentan usia 18-24 bulan

Penyakit Croup dapat dialami anak-anak dari rentang usia 3 bulan hingga 5 tahun. Sedangkan puncak rentan terjadi pada usia 18-24 bulan🗓️.

🧒🏻Lebih sering dialami anak laki-laki

Penyakit Croup lebih sering menyerang anak laki-laki daripada anak perempuan. Selain itu, anak dengan sistem imun tubuh yang lemah, dan riwayat orang tua💑🏽 yang mengidap asma dapat meningkatkan terjadi laringitis bronkial.


Cara menangani penyakit Croup

📝Croup ringan

Croup ringan biasanya dapat ditangani di rumah. Anda dapat menjaga anak untuk tidak mengalami dehidrasi dengan memberikan air putih🥛, ASI, atau susu formula.

🏥Croup yang cukup parah

Anda harus segera membawa si kecil ke rumah sakit jika croup yang dialaminya cukup parah. Dokter👩‍⚕️ akan memberi suntikan adrenalin melalui nebulizer. Selain itu, bisa juga anak akan diberikan intubasi untuk memudahkan pernapasan.