post-title

Mainan mandi juga perlu dibersihkan lho!

Sambil mandi, biasanya anak-anak senang bermain dengan mainan-mainan mandinya. Nah, walaupun terkena air terus-menerus dan dari luar terlihat bersih, apakah sebenarnya mainan mandi🌊 tetap harus dibersihkan?


Pentingnya membersihkan mainan mandi si kecil!

😖Bagian dalam mainan kotor!

Walaupun dari luar mainan terlihat bersih, namun biasanya bagian dalam mainan merupakan tempat yang subur untuk jamur🍄 berkembang biak. Terdapat berbagai macam bakteri yang dapat menimbulkan infeksi mata, telinga, atau perut si kecil.

✨Sistem imunitas tubuh anak yang masih rentan

Sistem imunitas tubuh anak yang masih cukup rentan belum mampu menghadapi penyakit serius yang diakibatkan oleh air yang terkontaminasi. Mainan mandi yang sudah selesai digunakan juga biasanya tidak benar-benar kering yang dapat menjadi sarang berbagai kuman🦠.


Tips membersihkan mainan mandi si kecil

📌Menggunakan air cuka

Memakai cuka untuk membersihkan mainan mandi anak merupakan cara yang tidak berbahaya dan efektif. Anda dapat mencampur air hangat dengan cuka putih dengan rasio perbandingan 2:1.

Sangatlah penting untuk memeras sisa air dari dalam mainan sebelum merendamnya selama 15-20 menit di dalam larutan cuka. Setelah itu, gosok ke segala arah sampai permukaan yang sulit dijangkau. Terakhir, bilas🚿 mainan dan biarkan hingga kering di atas handuk.

✔️Memakai mesin pencuci piring

Sebelumnya, pastikan mainan mandi ramah mesin pencuci piring. Alasannya, mainan yang tidak tahan dengan suhu tinggi dapat rusak karena mesin pencuci piring memakai suhu tinggi dalam membunuh bakteri🦠.

Sebelum dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring, peras sisa air dari mainan dan pastikan sudah benar-benar kering. Kemudian, masukkan mainan ke dalam rak dan tambahkan cairan pembersih🧴. Terakhir, atur pengaturan hangat agar mainan benar-benar kering lalu biarkan mainan kering di atas handuk.

🌊Memakai pemutih

Menggunakan pemutih dalam membersihkan mainan anak hanya boleh dilakukan sesekali karena pemutih yang bersifat dapat merusak😢 mainan. Anda juga harus memberikan perhatian besar dalam mengatur rasio pemutih dan air.

Campur satu sendok makan pemutih klorin ke dalam satu galon (3,8 liter) air. Selama kurang lebih 4 menit⏲️ rendam mainan dalam larutan sambil menekan mainan agar bagian dalam mainan juga terisi. Sesudah itu, bilas mainan dan biarkan mengering selama 1 jam.