post-title

Bagaimana jika si kecil kejang?

Semua orang tua pastinya bingung dan panik jika anaknya mengalami kejang. Terutama ketika si kecil sedang demam tinggi, biasanya mereka juga rentan mengalami kejang⚡. Mari kenali tanda-tanda si kecil kejang dan cara penanganan pertama yang dapat dilakukan di rumah untuk mencegah kondisinya memburuk.


Apa saja tanda-tanda si kecil kejang?

📌Mioklonik

Pada kejang mioklonik, tangan atau kaki🦵 ataupun keduanya tiba-tiba kelojotan. Namun, anak biasanya masih sadar.

📝Absans

Ketika anak mengalami kejang absans, biasanya mereka sering disangka sedang melamun💭. Hal ini karena anak mendadak menghentikan aktivitasnya, tidak bergerak, diam, dan menatap kosong. Mereka juga tidak merespon saat disentuh.

✍🏻Atonik

Anak yang mengalami kejang atonik, tubuhnya tiba-tiba menjadi lemas bagaikan tidak bertenaga☹️. Setelah itu, anak akan terjatuh.

✨Tonik-klonik

Anak akan mengeluarkan suara yang keras atau ictal cry secara tiba-tiba, hilang kesadaran dan kemudian terjatuh. Setelah itu, tubuh anak kaku, bibir👄 membiru, keluar busa dari mulutnya dan napasnya berhenti. Anak mulai bernapas dangkal dan tangan kakinya kelojotan. Ketika kejang akan berhenti, anak akan BAB atau mengompol.


Hal apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika anak sedang kejang?

🥛Hindari memberikan minum

Hindari memberikan anak Anda makanan maupun minuman🌊 ketika sedang kejang. Selain itu tidak perlu berusaha menahan tubuhnya ketika kejang.

👅Hindari meletakkan benda apapun di dalam mulutnya

Meletakkan sesuatu di dalam mulutnya saat kejang dapat membuat giginya patah. Gigi🦷 yang patah bisa masuk ke dalam saluran napas yang dapat menyumbat jalan napasnya.


Berikut pertolongan pertama yang dapat dilakukan!

🛏️Letakkan anak di alas yang datar dan berikan bantal

Letakkan anak di atas alas yang datar dan berikan bantal di bawah kepalanya. Longgarkan pakaiannya sehingga ia dapat lebih mudah bernapas🌬️.

👶Posisi menghadap samping

Posisikan anak menghadap ke samping guna mencegah muntahan🤮 atau air liurnya masuk ke dalam saluran napas. Hindari tempat yang ramai.

⏲️Catat durasi kejang

Catat durasi kejang anak dan berikan pada dokter👩‍⚕️ saat membawanya ke rumah sakit. Setelah selesai kejang, berikan waktu pada anak Anda untuk beristirahat karena ia bisa saja masih merasakan kantuk sambil tetap awasi hingga ia benar-benar sadar.