post-title

Kapan bayi boleh keramas dengan sampo?

Bayi mempunyai kulit yang pastinya lebih sensitif daripada orang dewasa. Begitu juga dengan rambut dan kulit kepala bayi. Karena itu, diperlukan perawatan yang khusus dan Anda sebaiknya mengerti kapan saat yang tepat bagi bayi untuk sudah mulai keramas dengan sampo🧴.


Mari mengenali lebih dalam waktu yang tepat bagi bayi untuk keramas!

💭Kapan bayi baru lahir sudah boleh keramas?

Untuk bayi yang baru lahir, boleh dimandikan dan keramas ketika suhu tubuh bayi sudah stabil dengan jangka waktu tidak kurang dari 6 jam. Hal ini guna mencegah bayi mengalami hipotermia🥶 atau suhu tubuh rendah.

📌Kapan bayi sudah boleh keramas dengan sampo?

Ketika bayi baru lahir sampai menginjak usia 1 bulan, mencuci rambut bayi belum perlu menggunakan sampo. Cukup bilas🌊 rambut bayi dengan air hangat 1 hingga 2 kali dalam 1 minggu. Ketika bayi sudah berusia 2 bulan atau lebih, Anda baru dapat mulai mencuci rambut bayi Anda dengan sampo minimal 2 hari sekali atau tergantung aktivitas bayi.


Berikut tips memilih sampo yang tepat bagi bayi Anda!

👶Pastikan untuk memilih sampo khusus bayi

Pastikan Anda membeli sampo khusus bayi yang mengandung bahan yang aman bagi bayi. Formula sampo khusus untuk bayi tidak mengandung bahan kimia yang bisa membuat mata👀 dan kulit bayi menjadi iritasi.

🍃Membeli sampo organik

Anda dapat memilih sampo organik agar aman digunakan si kecil. Sampo organik contohnya adalah sampo dengan kandungan seledri, aloe vera, atau kemiri. Selain itu, Anda dapat memilih sampo dengan kandungan hypoallergenic untuk mencegah😊 bayi mengalami alergi sampo yang dapat merusak rambut dan kulit kepalanya.

✔️Membeli sampo dengan merk yang terpercaya

Sebaiknya Anda tidak mencoba-coba berbagai merk sampo bayi yang ada di pasaran. Pastikan untuk membeli sampo dengan merk yang sudah terpercaya✍🏻 aman bagi bayi. 

⚖️Sampo dengan pH seimbang

Pilihlah sampo dengan pH yang seimbang. Sampo dengan tingkat pH yang tinggi bisa membuat folikel rambut bayi menjadi lemah yang akan menyebabkan rambut bayi menjadi rontok😞. Anda sebaiknya memilih sampo bayi dengan pH 4,5 sampai 6.